Menumbuhkan Karakter Anak

Menumbuhkan Karakter Anak
Di perkembangan zaman saat ini, budaya-budaya asing mulai masuk ke dalam negara kita dan memberikan dampak positif serta dampak negatif kepada masyarakat, terutama pada generasi muda yang akan melanjutkan perjuangan bangsa.
Demi membatasi diri akan pengaruh-pengaruh dari budaya asing tersebut yang mulai diserap, kita harus menanamkan pendidikan karakter kepada anak sejak di sekolah dasar, yang akan menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan selalu menjaga sikap toleransi kepada sesama, serta menghormati orang lain. Anak juga harus diberikan pengetahuan betapa pentingnya peduli akan sekitar, baik peduli pada lingkungan maupun sosial. Dengan seperti itu, anak senantiasa menghormati dan menghargai orang lain, baik di sekolah maupun di masyarakat.
Di sekolah juga harus diadakan upacara bendera di setiap hari Senin, karena itu juga dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, atau bisa dilakukan pramuka wajib di hari Sabtu.
Anak juga harus diajarkan untuk gemar membaca, sehingga akan menambah wawasan anak. Untuk membuat anak menjadi gemar membaca, diperlukan suatu dorongan yang kuat dari diri sendiri ataupun dari keluarga juga dari lingkungan sekitar. Apabila di sekolah mungkin bisa dilakukan dengan cara yang lebih menarik atau memberikan pengetahuan bahwa betapa pentingnya membaca, sehingga anak akan tertarik untuk membaca. Walau tidak gemar membaca setidaknya anak mau membaca yang dapat menambah wawasannya.
Dalam pendidikan juga diperlukan kemampuan untuk membaca dan juga menulis. Membaca dapat menambah wawasan anak dan menulis dapat dilakukan anak untuk mengeluarkan semua yang ia pikirkan atau yang telah ia pelajari selama di sekolah. Sehingga anak dapat mempelajari kembali hal-hal yang telah ia pelajari di sekolah.
Dapat disimpulkan, bahwa membaca dan menulis memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan. Dan juga karakter anak harus ditumbuhkan sejak di sekolah dasar, sehingga anak dapat membatasi diri akan budaya-budaya asing yang masuk dalam negara serta dapat memahami betapa banyaknya dampak positif dan dampak negatif akibat pekembangan zaman saat ini. Maka membaca dan menulis juga dapat menumbuhkan karakter anak untuk lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGEMBANGAN PERMAINAN ABC LIMA DASAR UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KOSA KATA SISWA SD

Kurikulum 2013